Monetisasi

5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Seputar Iklan dalam Podcast

article

Iklan dalam podcast adalah salah satu cara memonetisasi bisnis podcastmu. Pastikan kamu tahu lima hal ini dulu ya!

Hal yang Perlu Kamu Ketahui Seputar Iklan dalam Podcast – Bisnis podcast diprediksi akan semakin menggeliat seiring naiknya jumlah pendengar podcast. Brand maupun agensi juga akan mulai serius melirik podcast sebagai product placement agar dapat meraih lebih banyak lagi awareness. 

Sebagai seorang creator podcast, tentu saja kamu harus mulai mempersiapkan diri untuk mengejar peluang tersebut.  Nah, bagi kamu yang berminat untuk mulai memonetisasi bisnis podcast, berikut ini adalah beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan seputar iklan atau sponsor di dalam podcast. 

Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui Seputar Iklan dalam Podcast

  1. Cari tahu demografi pendengar podcast 

Suatu podcast pasti memiliki target atau segmentasi pendengar tertentu. Karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui lebih dalam siapa audiens podcast-mu. 

Pahami semua seluk beluk tentang pendengar setiamu, mulai dari usia, jenis kelamin, pekerjaan, domisili, bagaimana seleranya, dan seperti apa perilakunya. 

Data-data tersebut tentu saja sangat penting bagi kamu sendiri untuk mengenal lebih dekat apa yang diinginkan oleh pendengarmu. Kalau kamu sudah memahami semua seluk beluk pendengarmu, kamu akan lebih mudah dalam mengemas dan membuat strategi beriklan di dalam podcast. 

Selain itu, data-data tersebut nantinya akan menjadi modal untuk menarik minat para brand maupun agensi untuk beriklan di podcast-mu. 

  1. Ketahui keunggulan dan benefit dari podcast

Analisa podcast-mu sendiri, apa yang menjadi kekuatan dan kelemahannya. Pelajari apa saja yang menarik dan berbeda dari jenis konten atau podcast lainnya. 

Beberapa keunggulan yang bisa menjadi kekuatan dari sebuah podcast contohnya adalah program yang menarik, popularitas podcast, kesesuaian topik dengan brand, atau seberapa efektif podcastmu dapat meningkatkan awareness brand kepada pendengar. 

Ketika kamu sudah tahu apa kekuatan podcastmu, maka kamu juga akan lebih mudah untuk “menjualnya” ke para pengiklan. Tawarkan hal-hal menarik tersebut, serta berikan gambaran apa saja benefit yang akan didapatkan oleh sebuah brand apabila mereka memutuskan untuk beriklan di podcast-mu.

  1. Format dan gaya iklan di podcast

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan terkait iklan dalam sebuah siniar adalah tentang format dan gaya iklan. Tentukan seperti apa format maupun gaya beriklan yang sekiranya efektif digunakan di dalam podcast. 

Untuk mengetahui apa format dan gaya iklan di podcast yang efektif, kamu perlu melakukan uji coba terlebih dahulu untuk mengetahui bagaimana respon dari audiens. 

Format maupun gaya beriklan ini biasanya terkait erat dengan gaya host dalam podcast. Beberapa jenis penyampaian iklan pada umumnya bisa berupa baked-in ad atau dynamic ad. 

  1. Kategori penyisipan iklan di dalam podcast

Kategori penyisipan iklan ini juga salah satu hal penting yang perlu diperhatikan terkait iklan dalam podcast. Pada umumnya ada tiga macam kategori penyisipan iklan di dalam podcast, yaitu pre-roll, mid-roll, dan post-roll. 

Pre-Roll Ad: Slot iklan atau sponsor ini akan muncul di awal podcast. Keunggulan dari pre-roll ad adalah iklan bisa langsung didengarkan oleh audiens. Biasanya iklan yang muncul di awal podcast ini memiliki durasi kurang lebih selama 15 detik. Tetapi kelemahan dari iklan di awal seperti ini adalah rentan di-skip oleh pendengar.

Mid-Roll Ad: Iklan atau sponsor akan muncul di tengah-tengah podcast. Karena terletak di tengah-tengah acara podcast, biasanya iklan ini ditujukan untuk para pendengar yang loyal. Mid-Roll ad ini biasanya memiliki durasi hingga 30–60 detik. Namun tantangan menggunakan iklan Mid-Roll ini adalah bagaimana agar iklan dapat masuk se-smooth mungkin.

Post-Roll Ad: Post-Roll ad atau End-Roll Ad merupakan slot artikel yang terletak di akhir podcast. Karena berada di akhir podcast, biasanya iklan ini memang ditujukan untuk dapat menjangkau pendengar yang super loyal. Durasi iklan ini biasanya sekitar 15–30 detik. Keunggulan End-Roll Ad ini adalah lebih membekas di benak pendengar karena hal tersebut yang terakhir didengarkan oleh audiens. 

  1. Tipe-tipe iklan di podcast

Pada umumnya, terdapat dua tipe penyampaian iklan di dalam podcast yaitu:

Host read Ad: Sesuai namanya, penyampaian iklan dalam podcast ini dituturkan langsung oleh host podcast tersebut. Tipe iklan host read ini sekilas terdengar seperti iklan endorsement, di mana host akan merekomendasikan produk atau brand tersebut di dalam podcast. Tipe penyampaian iklan seperti ini dinilai cukup efektif untuk menjangkau dan mendapatkan awareness pendengar. 

Produced Ad: Tipe iklan ini adalah iklan yang sudah diproduksi oleh pengiklan, lalu nanti akan ditayangkan di dalam podcast. Iklan seperti ini bisa dibilang adalah tipe iklan konvensional yang biasanya kita dengarkan di radio. Brand atau pengiklan umumnya memiliki kontrol penuh atas gaya dan format iklannya. 

Agar bisnis podcast dapat bersaing dan mulai melakukan monetisasi, cobalah untuk mempelajari lebih dalam lagi terkait beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang iklan di dalam podcast. 

Semoga bisnis podcast yang sedang kamu rintis bisa memanfaatkan peluang ini sehingga dapat menjadi potensi yang menjanjikan untuk mendapatkan penghasilan dari iklan. 

Published on 26 April 2023