Monetisasi

3 Jenis Placement Iklan Podcast Pada Umumnya

article

Jenis Placement Iklan dalam Podcast – Bila kamu sudah mengetahui jenis-jenis iklan podcast, sekarang mari kenali jenis posisi ad insertion pada podcast atau placement iklan podcast yang paling umum.

Jenis Placement Iklan Podcast

1. Pre-Roll

Pada jenis spot iklan podcast yang satu ini, Iklan diletakan di pembukaan acara atau episode podcast. Misalnya seperti ini, “Acara ini dipersembahkan oleh brand A,” kemudian diikuti oleh product knowledge atau penjelasan singkat mengenai brand tersebut atau promosi yang disampaikan. 

2. Mid-Roll

Seperti namanya, iklan mid-roll pada podcast diletakan di pertengahan podcast atau menjadi jeda. Sebelum iklan disampaikan, pembawa acara atau podcaster akan melakukan bridging yang mengantarkan pendengar ke materi iklan.

Contohnya, “Ya, itu dia fakta ketiga dari Sepakbola Indonesia, sebelum masuk ke fakta keempat, saya mau kasih tahu dulu nih kalau podcast ini dipersembahkan oleh brand A…”  dan kemudian diikuti oleh pesan atau promosi dari brand. 

3. Post-Roll

Pada placement iklan jenis post-roll, Iklan diletakan saat acara selesai atau penutupan podcast. Sebelum benar-benar diakhiri, pembawa acara atau podcaster akan membacakan/meletakan iklan.

Contohnya, “Terima kasih sudah mendengarkan podcast A yang dipersembahkan oleh brand A,” diikuti dengan pesan atau promosi dari brand. 

Iklan sebetulnya dapat diletakan dimanapun dalam podcast sesuai keinginan dan kebutuhan, namun 3 spot di atas merupakan lokasi populer yang biasanya digunakan. 

Perlu diingat bahwa setiap iklan yang hendak diletakan atau disampaikan dalam podcast sebaiknya diawali dengan pengantar atau bridging agar nyaman didengar oleh pendengar atau target pasar pengiklan. 

Upload podcast atau karya konten audio kamu di Noicemaker Studio dan siap-siap dilirik pengiklan! 

Published on 10 April 2023