Mengenal Fitur Noicemaker Studio

Dashboard Analytics

Lihat perkembangan karyamu dengan fitur analitik yang real-time

Rangkuman performa podcastmu bisa dipantau¬† secara langsung melalui dashboard Noicemaker Studio. Untuk detail-nya bisa dilihat di menu “Analitik”. Berikut arti dari setiap data yang ditampilkan:

1. Pemutaran

Data ini dihitung dari banyaknya klik pada tombol Putar, oleh karena itu data tidak bisa digunakan untuk mengetahui jumlah pendengar. Sebagai contoh, user A mendengarkan salah satu judul podcastmu hingga selesai, lalu di kemudian hari ia kembali memutar judul yang sama, maka data klik tombol putar akan dihitung dua.

2. Waktu Dengar

Waktu Dengar adalah total waktu yang dihabiskan oleh pendengar dalam mendengarkan podcast kamu di Noice. Data juga bisa ditampilkan dengan rentang waktu tertentu, sebagai contoh kamu ingin mengetahui waktu dengar podcastmu dalam rentang 7 hari terakhir.

3. Pendengar

Data pendengar dibagi menjadi dua yaitu data secara keseluruhan dan data pendengar baru. Data keseluruhan akan menghitung semua orang yang mendengarkan kontenmu, baik pendengar lama atau pendengar baru, sedangkan data pendengar baru hanya akan menghitung pengguna yang baru pertama kali mendengarkan konten.

128.800 adalah keseluruhan orang yang mendengarkan podcastmu 420 orang baru adalah pengguna yang baru mendengarkan podcastmu, data ini sudah masuk di dalam data keseluruhan, tujuan data ini adalah memudahkan kamu untuk mengetahui pertumbuhan pendengarmu.

4. Rata-rata Waktu Dengar

Data ini menampilkan rata-rata waktu yang dihabiskan Paranoice untuk mendengarkan kontenmu, didapatkan dari pembagian antara waktu dengar dengan jumlah pendengar.

5. Rilis Episode

Rilis Episode adalah jumlah episode yang telah dirilis pada podcast kamu

6. Rata-rata Durasi Konten yang didengarkan

Rata-rata durasi konten yang didengar menggambarkan seberapa banyak durasi yang didengar oleh pendengar kamu dalam bentuk persentase. Sebagai contoh, jika nilai rata-rata durasi konten yang didengar pada podcast kamu adalah 100%, artinya semua pendengar yang mendengarkan konten kamu, mendengarkan keseluruhan konten kamu dari awal hingga akhir.

7. Total Interaksi

Total Interaksi merupakan keseluruhan atau total data dari interaksi yang dilakukan pendengar, mulai dari likes, dislikes, komentar hingga berapa kali kontenmu dibagikan.

8. Likes & Dislikes

Jumlah likes yang diberikan oleh pendengar pada podcast kamu. Sementara Dislikes adalah indikator bahwa pendengar tidak menyukai podcastmu. 

9. Komentar

Jumlah komentar yang diberikan oleh pendengar pada podcast kamu. Jangan lupa untuk selalu memeriksa kolom komentar dan membalas komentar dari pendengar agar engagement konten kamu semakin tinggi.

10. Subscribers

Jumlah orang yang telah melakukan subscribe atau berlangganan konten podcastmu. Data dihitung dari semua pengguna baik yang memiliki akun atau tidak memiliki akun (guest mode). Jangan lupa untuk selalu mengingatkan pendengar untuk subscribe konten podcast kamu saat menutup acara atau konten podcast kamu supaya subscribers bisa bertambah.

11. Demografi

Data yang mengelompokan pendengar berdasarkan jenis kelamin. Ada pula indikator data “Rentang Usia” untuk mengetahui kelompok usia yang mendengarkan podcastmu dan “Top Area” yang menampilkan 10 nama kota pendengar podcastmu.

12. Paranoice Berhenti Mendengar

Data ini menampilkan grafik pada menit berapa pendengar berhenti mendengarkan podcastmu.