Marketing & Promosi

Tips Mempromosikan Podcast agar Makin Dikenal

article

Gimana sih cara melakukan podcast marketing supaya bisa meningkatkan jumlah pendengar podcast? Simak caranya di sini, yuk!

Tips Mempromosikan Podcast – Usaha mempromosikan podcast gak cuma bertujuan untuk menambah jumlah pendengar, tapi juga bertujuan untuk menaikkan awareness dari podcast. Mengingar popularitas podcast semakin meroket, maka persaingan pun semakin ketat. Agar bisa terus bersaing dan mendapat perhatian audiens, penting bagimu buat melakukan strategi promosi podcast. 

Promosi podcast harus disertai dengan strategi podcast marketing yang terencana. Yuk, cari tahu bagaimana cara melakukan podcast marketing yang tepat agar dapat terus menarik perhatian audiens!

Tips Marketing Podcast

1. Pengertian dan fungsi podcast marketing

Podcast marketing sendiri adalah sebuah strategi agar podcast dapat dikenali dan menjangkau audiens lebih luas lagi. Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dari podcast, sehingga dapat meningkatkan traffic dari podcast. 

Kunci utama dari podcast memang konten yang menarik, autentik dan memiliki kualitas yang baik. Namun untuk bisa dikenal masyarakat luas, menjadi podcast yang bagus saja gak cukup. Dibutuhkan sebuah strategi promosi dan podcast marketing yang terencana. 

Dengan melakukan podcast marketing, maka kamu dapat lebih mudah dalam mengenalkan podcast ke audiens yang tepat, dan bagaimana cara menemukan target audiens yang tepat pula. 

2. Menentukan target audiens

Menentukan siapa target audiens adalah tahap pertama yang harus dilakukan saat melakukan strategi promosi podcast. Bila kamu sudah tahu dengan jelas siapa saja target audiens, buatlah daftar siapa saja kira-kira orang yang akan tertarik dan menjadi pendengar podcast milikmu. 

Kalau kamu masih kesulitan menentukan dan menemukan siapa target audiens yang tepat untuk podcast, maka kamu wajib untuk membuat profil audiens. Audience profile harus ditulis dan dijelaskan secara detail. Selain dijelaskan usia, gender, dan pekerjaan, kamu juga harus mendeskripsikan lebih detail tentang behaviour atau bahkan hal-hal yang disukai. 

Contohnya seperti podcast Nessie Judge: A Night Ride yang tersedia di Noice. Podcast bergenre misteri yang dibawakan oleh Nessie Judge ini merupakan anak muda yang menyukai hal-hal berbau mistis dan misteri, dan suka sekali beraktivitas di malam hari. Menjabarkan audience profile sedetail mungkin akan sangat berguna bagimu dalam menemukan siapa sebenarnya pendengar potensial dan siapa yang kemungkinan akan menyukai podcastmu. 

3. Menemukan pendengar potensial

Setelah kamu berhasil menjabarkan audiens profile dari podcast, langkah selanjutnya dalam menyusun strategi podcast marketing adalah menemukan pendengar potensial. Pada tahap ini, kamu tinggal mencari tahu lebih dalam lagi di mana sih tempat para pendengar potensial ini berada? Nah, setelah kamu tahu di mana tempat mereka berkumpul, di situlah kamu bisa menggali lebih dalam lagi. 

Tempat-tempat ngumpul para calon pendengar potensial podcastmu ini bisa saja berada di sebuah media sosial, forum, blog, atau mungkin lebih spesifik lagi adalah hobi dan siapa artis atau tokoh favorit mereka. Setelah mengetahuinya, lakukan riset lebih dalam lagi tentang apa saja yang biasa mereka lakukan di sana? Isu apa yang paling mereka suka diskusikan? Bagaimana cara mereka berinteraksi?

Pada tahap ini, luangkan waktu sebanyak mungkin agar dapat melakukan observasi dan riset mendalam. Dari hasil tahap ini, kamu dapat merancang strategi selanjutnya yaitu bagaimana agar kamu dapat masuk ke dalam komunitas tersebut. Tapi hal yang juga perlu kamu ingat adalah strategi marketing merupakan usaha jangka panjang yang gak bisa kamu dapatkan secara instan. Ketika kamu berhasil memasuki forum maupun komunitas tersebut, tidak serta merta kamu bisa mempromosikan podcast milikmu. 

Lalu bagaimana agar mereka tertarik mendengarkan podcastmu? Kamu perlu berinteraksi dan menjadi bagian dari mereka. Ketika kamu menjadi bagian dari mereka, maka mereka pun akan tertarik dan penasaran dengan apa yang kamu lakukan. Sehingga mereka kan mendengarkan podcast karena keinginan mereka, bukan karena kamu paksa untuk mendengarkannya. 

baca juga: 5 Tipe overthinking yang bikin stress

4. Memanfaatkan media sosial untuk promosi podcast

Memanfaatkan beberapa platform media sosial tentunya sangat diperlukan untuk meningkatkan brand awareness podcast ke masyarakat luas. Buatlah akun media sosial untuk keperluan branding dan update informasi tentang episode terbaru dari podcast. Kamu perlu menentukan platform media sosial mana yang paling tepat dan berpotensi untuk menjaring audiens.

Agar konten dalam media sosial gak melulu soal promosi podcast, kamu harus lebih kreatif lagi dalam membuat konten planning. Agar konten bisa lebih bervariasi namun tetap selaras dengan konten podcast, cobalah untuk mendefinisikan apa value utamanya. Cara simple menemukan value dari podcast sendiri adalah dengan menulis 3–5 kata tentang apa yang orang pikirkan ketika mendengar podcast milikmu. Jawaban-jawaban tersebut nantinya akan menjadi guideline dalam membuat konten di dalam media sosialmu. 

5. Bergabung dengan komunitas podcaster

Bergabung dengan komunitas podcast bisa menjadi salah satu strategi yang sangat bagus untuk mempromosikan podcast. Seiring berkembangnya podcast di Indonesia, semakin banyak pula podcaster yang aktif berkarya dan juga berkomunitas dengan sesama podcaster. 

Orang-orang yang suka mendengarkan podcast pada umumnya merupakan pendengar podcast yang setia, dan mereka juga mendengarkan lebih dari satu podcast. Begitu juga seorang podcaster, mereka juga sejatinya adalah pencinta dari podcast lainnya. Oleh sebab itu jangan anggap mereka sebagai rival, justru sebaliknya bisa jadi mereka adalah para calon pendengar potensial dari podcastmu. Selain itu, dengan berkomunitas kamu bisa berkesempatan untuk berkolaborasi dengan podcaster lain, sehingga kamu punya kesempatan untuk mempromosikan podcastmu dan bisa menambah audiens dan traffic

Di mana kamu bisa menemukan podcast? Kamu bisa bergabung dengan komunitas podcast di platform podcast seperti Noice. Noice sendiri memiliki komunitas podcaster yang bernama Noicemaker Club dan pendengar podcast yang disebut sebagai Paranoice Club. Kamu bisa menjadi anggota Noicemaker Club dengan syarat kamu harus menjadi podcaster aktif di Noice. Kamu bisa mengunggah podcastmu di Noice melalui NoiceMaker Studio

Itulah beberapa hal dasar yang bisa kamu terapkan dalam melakukan strategi podcast marketing. Masih ada banyak lagi cara kreatif untuk mempromosikan podcast, namun yang terpenting juga jangan lupa untuk terus konsisten dalam berkarya. Jangan lupa juga untuk mendengarkan podcast-podcast seru yang ada di Noice. Kamu bisa dengerin kapan saja dan di mana aja melalui web player Noice, atau bisa juga lewat aplikasi Noice yang bisa didownload di PlayStore atau AppStore!

Published on 1 February 2023