Marketing & Promosi

5 Tips & Cara Mempromosikan Podcast Melalui Media Sosial

article

Biar promosi podcast di media sosial gak boring, coba terapkan beberapa tips kreatif di artikel ini!

Cara Mempromosikan Podcast – Kunci utama agar podcast dapat menjaring target pendengar yang tepat adalah dengan melakukan promosi sekreatif mungkin melalui media sosial. Mempromosikan episode podcast di media sosial membutuhkan seni serta strategi yang tepat.

Kamu bisa saja mempromosikan sinarmu ke semua media sosial yang sedang booming saat ini, namun mungkin kamu bingung bagaimana memulai serta bagaimana caranya agar bisa efektif menarik perhatian pendengar. Ikuti beberapa tips ampuh mempromosikan podcast berikut ini.

Tips Ampuh Mempromosikan Podcast Melalui Media Sosial

  1. Gunakan gambar berisi quote menarik dari episode podcast

Konten di media sosial yang menggunakan gambar lebih banyak menjaring perhatian orang dibandingkan hanya konten yang berupa teks. Meskipun podcastmu berupa audio, kamu bisa mempromosikannya menggunakan gambar agar lebih catchy.

Cantumkan salah satu yang paling ampuh dari episode podcast yang akan kamu promosikan. Pastikan quote tersebut adalah bagian paling menarik di dalam podcast, sehingga orang yang membacanya penasaran ingin mampir ke podcastmu. 

  1. Bagikan potongan video klip pendek yang berisi quote  

Kalau kamu ingin lebih kreatif lagi melakukan promosi podcast di media sosial, share potongan video klip pendek yang berisi quote terbaik di dalam episode podcast tersebut. 

Konten berupa video diyakini sebagai jenis konten yang paling banyak dikonsumsi saat ini. Gak ada salahnya kalau kamu memanfaatkan trik tersebut sebagai strategi promosi.

Kalau podcastmu berupa video, kamu bisa mengambil potongan video yang menjadi highlight sepanjang 30-60 detik. Namun apabila podcastmu hanya audio, kamu bisa mengambil beberapa video footage selama proses rekaman, atau bisa juga dengan membuat motion graphics atau animasi dengan durasi waktu yang sama. Gunakan potongan quote terbaik dari podcast agar lebih menggugah rasa penasaran. 

  1. Manfaatkan fitur podcast audiogram 

Cara mempromosikan podcast melalui media sosial selanjutnya adalah menggunakan podcast audiogram. 

Fitur podcast audiogram adalah fitur di dalam platform podcast yang berguna untuk membantumu dalam mempromosikan episode podcast secara instan di media sosial. 

Audiogram pada umumnya menawarkan fitur di mana kamu bisa mengambil best cut dalam podcast, lalu kamu bisa langsung share ke media sosial.

Fitur Audiogram ini juga tersedia di dalam Noice, lho. Tentu saja Noicemaker gak boleh melewatkan fitur satu ini. 

Biasanya audiogram ini memiliki durasi 30-60 detik berisikan cuplikan podcast yang kamu pilih sendiri untuk dijadikan highlight, lalu ketika di-share ke media sosial akan menampilkan image beserta cuplikan tersebut. Image yang dipakai biasanya adalah cover art podcast.

  1. Pilih media sosial yang sesuai dengan target pendengarmu

Seiring bertambah banyak media sosial, semakin banyak juga pilihanmu untuk melakukan promosi podcast. 

Namun yang perlu kamu pahami adalah setiap media sosial memiliki karakteristik pengguna, lingkungan, target, serta peraturannya masing-masing. 

Oleh sebab itu, yang harus kamu lakukan adalah membuat treatment yang berbeda-beda pada setiap media sosial. 

Gunakan media sosial yang paling cocok dengan target audiens. Misalkan podcastmu mengangkat topik karir dan bisnis, maka Linkedin bisa jadi media sosial yang tepat. 

Twitter mungkin akan lebih cocok dengan podcast bergenre komedi, horor, atau kritik sosial. 

Jangan lupa juga untuk memanfaatkan berbagai fitur dari media sosial tersebut yang dapat memaksimalkan promosi podcast. 

Misalkan di Twitter, jangan lupa pin tweet promosi podcastmu. Gunakan fitur retweet dan reply comment tweet untuk menambah engagement.

Lalu pada Instagram, kamu bisa berkreasi dengan konten berupa Feed carousel, IG Story, dan Reels. Berbagai fitur di instagram juga punya fungsi yang berbeda, pastikan kamu membuat konten yang sesuai dengan fungsi fitur tersebut. 

Sedangkan pada TikTok, konten-konten di platform tersebut punya kesempatan untuk viral dan mudah masuk ke fyp. Buatlah konten sekreatif mungkin dan mengikuti tren di platform ini agar dapat menjaring calon pendengar atau untuk meningkatkan awareness. 

  1. Buat jadwal rutin untuk promosi podcast di media sosial

Promosi adalah usaha penting untuk mengakuisisi pendengar, sehingga harus dilakukan secara konsisten. Jangan sampai kehilangan momentum untuk mempromosikan setiap episode terbaru podcastmu di media sosial. 

Menjaga konsistensi tersebut memang butuh komitmen yang kuat, namun problemnya adalah seringkali kita merasa kelelahan untuk menyiapkan dan membuat promosi yang menarik. 

Untuk menyiasatinya, kamu bisa membuat template caption atau desain promosi terlebih dahulu untuk masing-masing media sosial yang kamu sasar. 

Lalu, untuk mengunggah konten promosi podcast di media sosial kamu bisa menjadwalkannya melalui aplikasi atau software.

Salah satu kepuasan seorang creator podcast adalah bagaimana caranya agar podcastmu dapat didengarkan oleh banyak orang. Oleh sebab itu, kamu harus selalu update dengan berbagai macam strategi promosi melalui berbagai channel, salah satunya media sosial. 

Oleh karena itu, selain fokus dengan konten, jangan pernah lelah juga untuk menggali ide kreatif dalam melakukan promosi ya. Semoga beberapa tips mempromosikan podcast melalui media sosial di atas bisa menjadi inspirasimu, ya!

Published on 26 April 2023