Lainnya

Bocoran Resep Bikin Podcast Noice Bareng Adriano Qalbi

article

Ketinggalan kelas podcast Noice bareng Adriano Qalbi? Yuk, simak dulu liputan acaranya!

Cara bikin podcast ala Noice – Noice menggelar kelas podcast perdananya yang bertajuk “Bocoran Resep Bikin Podcast ala Noice” secara daring (31/7). Mengundang podcaster dari program original Noice, Adriano Qalbi dan Noice Orginal Lead, Abe Adzka, acara berdurasi 2 jam ini menyuguhkan seluk-beluk dunia podcast hingga monetisasi konten dan ditutup dengan membedah 3 podcast dari partisipan kelas podcast. 

Motivasi Sebagai Kompas Pembuatan Podcast

add-kelas-podcast.jpg

“Ada banyak podcast di dunia ini dan kenapa harus tambah satu podcast lagi ya? Dan dalam membuat podcast ada 1 atau 2 hal yang kita mesti pikirin biar bisa jadi bargaining power atau sebutannya unique selling point kenapa lo harus dengerin podcast ini,” ujar Abe membuka sesinya.  

Ya, Abe mengungkap, pasti selalu ada motivasi dibalik podcast yang akan kamu buat. Bisa banyak sekali motivasinya dan tidak ada tolok ukur mana motivasi yang tepat atau tidak. Motivasi itu bisa kamu anggap sebagai kompas untuk mengarahkan proses pembuatan, presentasi hingga ke tujuan. 

Tidak masalah bila motivasi membuat podcast hanya sebatas untuk memenuhi keinginan semata, misal keinginan untuk belajar public speaking atau keinginan untuk ambil bagian dalam sebuah diskursus dan current issues yang menarik. Apapun itu motivasinya, pastikan bahwa hal itu akan membantu kamu dalam proses untuk mencapai tujuan. 

Tambahnya, “Kalau keinginan untuk terkenal, nggak masalah juga. Jadi yang perlu diingat adalah ini jadi pegangan dan pastikan setelah ini dan prosesnya akan menjawab motivasi lo.”

Konsistensi untuk Siap Jemput Kesempatan

add-kelas-podcast.jpg

Adriano Qalbi melengkapi hal yang disampaikan Abe di sesi sebelumnya. Dipandu oleh Thomas, sebagai VP of Content Noice, pria yang lekat dijuluki Bapak Podcast Indonesia ini mengungkap ceritanya memulai perjalanan di dunia podcast pasca kehilangan job di salah satu stasiun radio. 

“Saat itu motivasi gue cuma 1, konsisten bikin konten. Nggak peduli gimana recordnya, ada bintang tamu apa enggak, pokoknya terus bikin di awal minggu dan seiring waktu gue naikin kualitasnya. Ini juga jadi sarana gue berlatih sebagai Standup Comedian,” Ungkapnya ketika menjabarkan asal usul podcast pertamanya, Podcast Awal Minggu.

Motivasi itulah yang mengantarkannya menciptakan sejumlah podcast yang belakangan kerap merajai Top Chart Noice, mulai dari Happy Broken Family, Musuh Masyarakat, dan Podcast Awal Minggu. Deretan podcast ini bahkan telah tembus ratusan episode dan memiliki komunitas pendengarnya sendiri yang solid.

“Kalau nggak Hoki ya konsistensi. Yang penting hadir, yang penting ada terus aja, karena gue percaya jaman yang milih orang, bukan sebaliknya. Pada saat waktu berpihak pada lo, lo harus ready. Sebelum chance itu hadir lo harus prepare diri lo,” tambahnya. 

Berkembang Bersama Noicemaker Academy

Senada dengan Adri, Noice lewat Noicemaker Academy, memiliki visi dan misi untuk membantu audio konten kreator menyiapkan diri menjemput kesempatan itu. 

Disampaikan Fajrin Sahaf, Noice Creator Program Lead, di kesempatan yang sama, Noicemaker Academy hadir untuk memacu pertumbuhan ekosistem konten audio Indonesia dengan memberikan dukungan kepada kreator untuk menciptakan konten audio berkualitas tinggi. 

“Noicemaker academy adalah program dari Noice untuk membantu kreator konten audio di Indonesia untuk belajar, berkembang, dan berkolaborasi dengan sesama kreator,” jelasnya. 

Dukungan itu diberikan dalam bentuk edukasi, mulai dari kelas daring dan luring, artikel, modul, mentorship, hingga kompetisi untuk wadah kreator mengasah kemampuannya. Noicemaker Academy juga menyediakan ruang untuk saling terhubung lewat komunitasnya agar para kreator dapat berkolaborasi. 

Tak berhenti pada dukungan edukasi, fitur dan teknologi pada Noicemaker Studio juga terus disempurnakan untuk membantu kreator mengembangkan konten dan menumbuhkan pendengarnya. Mulai dari fitur data, bantuan promosi, fitur interaktif Noice Live, Verified Account, hingga fitur monetasi di masa mendatang, Noice Live Virtual Gift.

Upload Podcastmu di Noicemaker Studio

Kalau kamu sudah punya podcast, jangan lupa untuk upload ke Noice. Caranya gampang banget, kamu cukup mengunggah podcast melalui NoiceMaker Studio, lalu kamu tinggal menempel atau paste URL RSS Feed podcastmu. 

Kamu hanya cukup mengunggah RSS Feed podcast sekali saja, nantinya Noice akan secara otomatis terupdate setiap kali kamu mengunggah episode podcast terbarumu. 

Untuk mengetahui update dari Noicemaker Academy dan kelas podcast lainnya, kamu bisa follow @noicemaker.id di Instagram. Jangan lupa dengarkan konten audio terbaru dari Noice, kamu bisa langsung dengerin podcast di web player Noice. Atau kalau mau lebih praktis lagi kamu juga bisa dengerin podcast melalui aplikasi Noice yang bisa kamu download di PlayStore maupun AppStore.

Published on 8 February 2023